Berita

SISTEM BELAJAR TATAP MUKA GANJIL GENAP DI MASA PANDEMI DI SMPN 2 MUARA TELANG

Menurut Ki Hajar Dewantara “Pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Pendidikan menuntun segala keku

atan kodrat yang ada pada peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya. Tentu saja hal ini menjadikan pendidikan sebagai suatu proses yang amat penting dalam diri setiap manusia. Salah satu jalan memperoleh pendidikan adalah dengan mengenyam bangku sekolah sejak usia taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Setiap tingkatan sekolah yang ada di Indonesia melakukan kegiatan pembelajaran melalui proses tatap muka antara guru dan siswa. Namun sejak maraknya wabah covid-19 yang melanda dunia tak terkecuali Indonesia, menjadikan sistem belajar tatap muka harus dihindari terlebih dahulu. Pembelajaran dengan sistem daring menjadi pilihan sistem belajar di masa pandemi. Sistem belajar ini pula diterapkan di SMPN 2 Muara Telang yang berada di kawasan kabupaten Banyuasin.

Di masa pandemi, menjaga kesehatan  peserta didik agar tidak terpapar virus merupakan hal yang amat penting. Akan tetapi proses pembelajaran harus tetap berjalan dan tidak boleh terhenti karena peserta didik berhak mendapatkan ilmu pengetahuan setiap hari. Melalui sistem pembelajaran daring, guru di SMPN 2 Muara Telang dapat tetap memberikan materi ajar kepada siswa yakni dengan bantuan aplikasi seperti whatsapp, google classroom, maupun youtube yang digunakan sebagai media referensi mencari materi ajar. Guru di SMPN 2 Muara Telang mengatur jadwal pembelajaran daring secara bergiliran agar setiap hari siswa tetap mendapatkan materi ajar seperti yang didapatkan saat pembelajaran tatap muka.

Meskipun berjalan dengan baik, sistem pembelajaran daring nyatanya tidak selalu berlangsung dengan lancar. Banyak faktor yang menyebabkan sistem tersebut menjadi terkendala. Diantaranya ada beberapa siswa di SMPN 2 Muara Telang yang belum memiliki alat komunikasi telepon genggam yang digunakan untuk belajar daring, tidak semua siswa disiplin dalam mematuhi jadwal pelajaran daring karena ada aktivitas lain yang dilakukan seperti membantu orang tua atau bermain sehingga lupa belajar. Selain itu, siswa cenderung malas dan mengeluh karena banyaknya tugas maupun materi ajar sedangkan menurut mereka akan lebih mudah memahami jika sang guru menjelaskan materi secara langsung di kelas.

 Dengan banyaknya kendala dan keterbatasan tersebut, akhirnya sekolah yang ada di kabupaten Banyuasin termasuk SMPN 2 Muara Telang mendapat perintah untuk kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah secara bertahap. Tentu saja tetap dengan memperhatikan protocol kesehatan agar peserta didik terhindar dari virus berbahaya. SMPN 2 Muara Telang berusaha untuk menerapkan protocol kesehatan dalam proses pembelajaran di masa pandemi dengan cara sistem belajar tatap muka ganjil genap. Sistem ini merupakan penerapan proses pembelajaran dimana siswa dengan daftar hadir bernomor urut ganjil akan masuk pada hari senin. Kemudian pada hari selasa, siswa bernomor urut genap mendapat giliran belajar tatap muka di sekolah sedangkan yang bernomor urut ganjil belajar dirumah. Begitu pula hari selanjutnya dilaksanakan secara bergiliran. Pada minggu kedua, jadwal masuk siswa kembali berubah yakni genap di hari senin dan ganjil di hari selasa, begitu pula hari selanjutnya.

Meskipun harus mengubah sistem belajar menjadi ganjil genap namun hal ini dapat menjadi angin segar bagi sistem pembalajaran. Tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan, pembelajaran yang berlangsung di SMPN 2 Muara Telang tetap berjalan dengan baik. Guru dapat memberikan materi ajar secara langsung dan peserta didik menjadi lebih disiplin untuk belajar di sekolah. Adanya berbagai permasalahan seperti pandemi nyatanya tidak bisa menghambat proses pembelajaran bagi peserta didik. Menjaga kesehatan dan memperoleh ilmu pengetahuan harus dapat berjalan seimbang sekaligus mempersiapkan mental peserta didik untuk dapat kuat menghadapi situasi yang buruk. Semoga pandemi di Indonesia dapat segera berlalu dan proses pembelajaran di sekolah berlangsung dengan normal seperti sedia kala.

Kontak

Alamat :

JALUR 10 JEMBATAN 2 Rt 25/1 Dusun 1 Mukti Jaya

Telepon :

085366349894

Email :

smpn2_muaratelang@yahoo.co.id

Website :

smpn2mtl.sch.id

Media Sosial :

Kalender

September 2023

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Jumlah Pengunjung

free web counter